Tips Memilih Permainan yang Bermanfaat dan Aman untuk Anak - ZReplayfu.com

Blog Renaldi

Wednesday, December 11, 2019

Tips Memilih Permainan yang Bermanfaat dan Aman untuk Anak

Pokemon Trading Card

Untuk mengajarkan anak usia dini atau membuatnya cerdas, Anda tak perlu melakukan kegiaan yang rumit. Anda bisa melakukan permainan sederhana seperti Pokemon Trading Card yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otaknya. Anda bisa melakukan kegiatan sederhana yang disesuaikan dengan kemampuan otaknya yang masih belum matang.

Memilih alat permainan edukatif sangatlah penting karena saat ini banyak jenis-jenis permainan yang justru merusak aspek tertentu dalam diri anak. Bermain adalah salah satu proses belajar pada anak-anak. Melalui bermain, mereka belajar mengenal dunia. Namun, Anda sebagai orang tua harus benar - benar memperhatikan permainan yang pas untuk anak Anda.

Pilihlah Mainan yang Tepat
Ketika membeli mainan untuk anak anda, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama yaitu pilihlah mainan yang pas untuk anak, yang artinya mainan tersebut sesuai dengan perkembangan dan juga kemampuan anak Anda. 

Misalnya untuk anak berusia diatas 6 bulan maka berikanlah mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bunyi karena anak usia tersebut menyukai mainan jenis ini dan juga akan melatih indera penglihatan dan pendengarannya.

Pilih Mainan yang Berwarna Cerah
Pertimbangan selanjutnya saat memilih mainan yang merangsang perkembangan anak yaitu warna. Maka pilihlah mainan yang memiliki warna cerah dan kontras. Mainan yang berwarna warni yang cerah sangat menarik bagi anak.

Mainan yang memiliki warna ini juga dapat melatih indera pengllihatan anak. Anak akan cepat mengerti dan hafal pada warna tersebut. Anda juga dapat sekaligus mengajarkan konsep warna kepada anak saat bermain.

Pilih Mainan yang Mengasah Logika
Anak bisa menjadi anak yang cerdas apabila anda melatihnya sejak kecil. Pilihlah mainan yang mampu mengasah kreativitas anak seperti Pokemon Trading Card. 

Permainan Trading Card ini melatih para pemainnya untuk berpikir strategis karena memerlukan taktik dan keahlian. Dengan bermain secara tatap muka game ini memberikan dampak sosial yang sangat baik bagi pertumbuhan anak-anak.

Di pasaran tersedia berbagai bentuk permainan Pokemon Trading Card dengan variasi harga yang berbeda. Anda dapat memilih jenis Pokemon Trading Card sesuai dengan budget. Anda bisa membeli Pokemon Trading Card melalui Blibli.com 

Pastikan Bahan Permainan Aman
Saat memilih mainan yang merangsang perkembangan anak jangan lupakan aspek keamanan. Jika hendak membeli mainan, maka pilihlah yang berbahan dasar aman sehingga saat anak menyentuhnya tidak akan membahayakan. Mainan edukatif yang aman tidak berarti mainan dengan harga mahal, dengan kreativitas anda pun juga bisa menciptakan mainan yang merangsang perkembangan anak dengan harga terjangkau.

Sesekali Ajak Menonton Pertunjukan
Pertunjukan hidup (live performance) musik, teater, tari merupakan ajang penampilan terbaik sebuah karya. Dalam sebuah penampilan, karya terbaik ditampilkan dan dinikmati secara langsung oleh penonton.

Kegiatan menghadiri dan menonton pertunjukan merupakan sarana untuk menyerap hasil dari proses kreatif. Prosesnya belajar ini menarik karena melibatkan seluruh indera, bukan hanya secara kognitif.

Pilih Permainan Tebak-Tebakan
Bermain tebak-tebakan adalah proses bermain yang sederhana dan membahagiakan, sekaligus memicu proses kreatif anak karena harus memikirkan jawaban yang berbeda. Jika Anda merasa tidak kreatif, Anda bisa membeli buku tentang tebak-tebakan yang banyak tersedia di toko buku.

Memberi Contoh Kreativitas atau Karya
Cara orangtua mengembangkan kreativitas anak yang paling sederhana adalah dengan memberikan keteladanan. Tekuni sebuah hobi atau kegiatan, tunjukkan kepada anak bagaimana Anda menyelesaikan masalah secara kreatif ketika menghadapi masalah.

No comments:

Post a Comment