Ini Manfaat Yang Didapat Dari Bersepeda - ZReplayfu.com

Blog Renaldi

Monday, September 2, 2019

Ini Manfaat Yang Didapat Dari Bersepeda

jersey sepeda

Salah satu olahraga favorit masyarakat urban di Indonesia sekarang ini adalah bersepeda, alasannya adalah kemudahan dan gampangnya olahraga satu ini cukup dengan sepeda dan mengenakan jersey sepeda yang layak saja, meskipun begitu olahraga ini juga banyak mempunyai manfaat.

Diantara sekian banyak manfaat yang bisa didapat dari bersepeda adalah mengendalikan berat badan. Memang tak bisa dipungkiri bersepeda dalah salah satu cara yang paling baik untuk mengendalikan berat badan bahkan jika dibarengi dengan diet yang benar juga bisa menurunkan berat badan yang berlebih.

Selain itu bersepeda juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, karena bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

Selian bisa menurunkan resiko penyakuit jantung dan pembuluh darah, bersepeda juga ampuh dalam mencegah atau mengurangi resiko kanker dan diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

Bersepeda merupakan aktifitas fisik yang baik, itupula alasan kenapa bersepeda merupakan olahraga yang bisa menurunkan resiko diabetes, bahkan sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

Manfaat lain dari olahraga bersepeda adalah meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh. Olahraga rekreasi ini juga ampuh dalam mengurangi stress khsususnya bagi masyarakat perkotaan yang setiap harinya bekerja dengan aktifitas yang padat. 

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh Anda memprodukdi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami.

Bersepeda memang sering dikatakan sebagai olaharaga rekreasi, namun bukan berarti olahraga ini tanpa resiko, untuk meminimalisir resiko alangkah baiknya saat bersepeda menggunakan peralatan minimal seperti helm, sarung tangan dan pelingdung siku dan lutut.

Untuk menambah semangat bikin jersey sepeda dengan desain sendiri juga bisa dilakukan, karena jika jersey sepeda yang digunakan tidak sama dengan orang lain dijamin akan menambah semangat dalam menggowes sepeda.

No comments:

Post a Comment