5 Ini Tips Memilih Nama Bayi Yang Tepat - ZReplayfu.com

Blog Renaldi

Thursday, March 17, 2022

5 Ini Tips Memilih Nama Bayi Yang Tepat

Nama Bayi

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua dalam menyambut kedatangan sang bayi adalah memilih nama bagi bayi tersebut. Memang mencari nama bayi itu tidaklah mudah dan tidak bisa sembarangan. Karena nama ini akan terus melekat pada anak seumur hidupnya. Sehingga pemberian nama itu harus dipikir secara matang-matang. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memberikan nama bagi bayi anda. Apa saja hal-hal tersebut? Oleh karena itu dalam tulisan kali ini memberikan informasi tentang tips memilih nama bayi yang tepat sebagai berikut ini :

1. Selipkan Kata Doa dan Harapan
Dalam memberikan sebuah nama bagi bayi, anda dan pasangan sewajarnya menyelipkan kata yang berarti doa dan harapan. Karena dengan doa dan harapan inilah yang akan selalu menyemangati si kecil untuk selalu mencerminkan doa dan harapan anda sebagai orang tuanya. 

2. Mudah Diucapkan
Selain memiliki arti yang baik, nama bagi bayi anda juga harus mudah diucapkan sehingga tidak menimbulkan kesulitan bagi orang lain dalam menyebutkan atau mengejanya. Selain itu, jangan sampai juga nama bayi anda itu menjadi bahan olokan ataupun yang mengandung makna yang ambigu bila salah dalam mengucapkannya.  

3. Mudah Ditulis
Nama bayi ini selain mudah diucapkan, sebaiknya juga harus mudah ditulis. Karena hal ini nantinya akan sangat membantu sang anak kedepan. Dalam hal ini, sering ejaan nama yang salah menjadi sebuah masalah, karena kesalahan pada satu huruf saja akan berdampak sangat fatal jika berkaitan dengan hal ada hubungannya dengan birokrasi atau hukum. Oleh karena itu, pada saat anda sedang memilih nama bagi bayi, maka usahakan sebisa mungkin namanya bisa dieja dengan mudah dan bisa diucapkan dengan mudah pula.

4. Berikan Nama Sesuai Hari, Tanggal, dan Bulan Lahir
Memberikan nama yang sesuai tanggal lahir ini banyak digunakan oleh para orang tua. Selain diambil dari nama bulan kelahiran, ada juga yang mengambil nama bayi yang sesuai dengan tanggal atau hari lahirnya. Misalnya, bayi  lahir pada bulan shafar, maka banyak orang tua yang memberikan nama Shafar menjadi Shafaruddin bagi laki-laki, atau Shafariyah bagi perempuan. 

5. Memberi Nama Seperti Sosok Idola
Mungkin anda atau pasangan memiliki sosok yang sangat diidolakan selama ini. Baik itu seorang tokoh dunia, artis, pejabat, atlit, dan lain sebagainya. Sehingga nama idola anda ini bisa menjadi inspirasi untuk dijadikan nama bagi bayi anda. Dengan pemberian nama idola tersebut diharapkan kelak anaknya akan menjadi seseorang yang diidolakan oleh orang tuanya. Selain itu, ada juga orang tua yang memberikan nama bayinya yang terinspirasi dari nama anak artis. Misalnya, Syabila : Syabila ini merupakan salah satu anak dari penyanyi Bebi Romeo dan Meisya Siregar. Adapun nama lengkapnya adalah Lyrics Syabila Mu Saqeena. Secara etimologi kata Syabila ini merupakan serapan dari kata Sibylla yang berasal dari bahasa Yunani. 

Kata Syabila ini memiliki makna sepuluh nabi  wanita yang berlatih di tempat suci di dunia kuno. Sedangkan dalam teologi Kristen, para Sibylla ini dianggap memiliki pengetahuan illahi serta dihormati dengan cara yang sama seperti para nabi dalam perjanjian kuno. Sehingga dengan demikian, nama Sibylla ini mulai digunakan secara umum di dunia kristen selama abad pertengahan. Kemudian muncullah varian dari sapaan ini seperti Syabila dan Shabilla. Dengan menggunakan nama ini diharapkan diharapkan kelak akan menjadi seorang wanita yang sangat dihormati oleh orang disekitarnya.

Itulah 5 tips dalam memilih nama bayi yang tepat, semoga ada guna dan manfaatnya khususmya bagi anda yang sedang memilih nama bagi bayinya.

No comments:

Post a Comment