Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - ZReplayfu.com

Blog Renaldi

Friday, March 27, 2020

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Whatsapp Dark Mode

Sejumlah aplikasi mobile sekarang ini sudah mulai menerapkan dark mode atau tampilan gelap. Bahkan, kehadiran fitur baru ini diklaim akan membawa banyak keuntungan bagi para pengguna, mulai dari hemat baterai, mengurangi ketegangan mata, hingga mengurangi risiko migrain. Tren penggunaan fitur dark mode di berbagai aplikasi mobile dimulai sejak dua tahun belakangan ini. Bahkan hampir semua aplikasi, baik itu di Android maupun iOS sudah banyak mengaplikasikan fitur dark mode ini. Dimana, kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah platform media sosial yang popler dan banyak digunakan orang sehari-hari. Salah satu aplikasi media sosial yang menggunakan dark mode ini adalah WhatsApp. 

Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp akhirnya resmi telah meluncurkan dark mode (mode gelap) untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone). Kali ini dark mode tersebut dapat diakses oleh semua pengguna, tidak seperti sebelumnya yang hanya tersedia untuk pengguna beta. Hal ini telah diumumkan WhatsApp via akun Twitter resmi mereka. 

Sama seperti pada versi beta, WhatsApp dark mode menggunakan warna abu-abu gelap. Bukan tanpa alasan, warna ini dipilih karena menurut hasil penelitian hasil pengetesan WhatsApp penggunaan warna hitam pekat dan putih bisa menyebabkan kelelahan mata. Dengan begitu, WhatsApp memilih skema warna yang lebih keabuan guna mengurangi kecerahan layar dan supaya lebih mudah dibaca pengguna. 

Supaya bisa mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android maupun iOS anda sudah menggunakan versi terbaru. Di Android, WhatsApp terbaru adalah versi 2.20,69. Sementara di iOS, versi terbarunya 2.20.30.

Bagi anda pengguna Android 10 dan iOS 13, WhatsApp dark mode akan langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem. 

Nah, bagi anda pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan dark mode dengan cara berikut ini :

- Klik setting (pengaturan)
- Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
- Pilih tema dark (gelap)

Sesudah memilih mode gelap di pengaturan, WhatsApp akan secara otomatis akan berubah menjadin dark mode. Hal ini dikarenakan tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iPhone. 

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manusal dengan cara-cara berikut ini :
- Pertama klik Setting (Pengaturan)
- Lalu pilih Chat
- Pilih Theme (Tema)
- kemudian pilih Dark

Pada saat dicoba, WhatsApp Dark Mode ini sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia untuk pengguna iOS yang sudah menggunakan iOS 13. Akan tetapi, pembaruan ini belum menyambangi pengguna Android di Indonesia. Dalam hal ini, juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa har ke depan. Jadi, kalau perangkat pengguna belum bisa menggunakan mode ini, cek pembaruan WhatsApp dalam beberapa hari mendatang. 

ManfaatWhatsApp Dark Mode diantaranya adalah bisa mengurangi ketegangan pada mata. Dalam hal ini, dark mode akan menyesuaikan tampilan latar belakang WhatsApp menjadi lebih gelap, dengan begitu matatidak akan terlalu tegang saat melihat layar ponsel terutama pada malam hari. Selain itu, manfaat WhatsApp dark mode juga dapat menghemat baterai. Saat dark mode diaktifkan, maka layar ponsel tidak memancarkan cahaya cerah. Bukan hanya itu, penghematan baterai lebih banyak ketika digunakan pada perangkat yang memiliki layar AMOLED karena piksel yang menampilkan warna lebih hitam. Manfaat WhatsApp dark mode terakhir adalah tampilan lebih elegan. Penggunaan latar belakang warna hitam akan membuat desain lebih kokoh dan sempurna.

No comments:

Post a Comment